fbpx

Tips Menjadi Videografer Kegiatan Outdoor

Halo! Perkenalkan nama aku Reffy Flavio Dyanta dipanggil Vio, seorang Tripwe Intern. Aku telah mengikuti kegiatan magang ini selama sepuluh bulan, mulai dari bulan September 2021 hingga Juni 2022. Aku tidak sendirian, aku ditemani 5 teman lainnya dengan keunggulan masing masing dan kita saling bertukar pendapat. Di program magang ini aku masuk kedalam divisi Corporate Communications dan bertanggung jawab menjadi videografer dan video editor untuk sosial media Tripwe.

Tripwe Internship

Menjadi videografer dan video editor di Tripwe adalah pengalaman yang mungkin bisa dibilang “once in a lifetime experience”. Karena di Tripwe aku bisa menggali lebih dalam lagi ilmu-ilmu yang telah dipelajari di kampus! Dalam perjalanan magang sepuluh bulan ini aku banyak belajar tentang hal yang menyangkut proses produksi pembuatan sebuah video, terutama untuk video outdoor atau luar ruangan. Medan-medan yang aku hadapi biasanya di tengah hutan untuk mendokumentasikan kegiatan offroad dan di tengah laut untuk mendokumentasikan kegiatan jetski.

Selama sepuluh bulan, ini adalah kiat-kiat yang aku lakukan sebagai seorang videografer dan video editor untuk mempermudah jalannya pekerjaan, seperti:

  1. Selalu menjaga equipment yang aku miliki (kamera dan gimbal), karena medan yang dihadapi akan beragam dan cuaca tidak bisa ditebak.Utamakan kesehatan, karena kita sering melakukan kegiatan outdoor yang menguras tenaga, jangan lupa minum air yang banyak dan minum vitamin.
  2. Jangan lupa bawa baju ganti setiap melakukan kegiatan produksi karena sering kali baju kita akan kotor terkena air laut atau lumpur.

Internship Mahasiswa Travelling

Beberapa hal teknis yang dapat aku simpulkan seperti:

  1. Penggunaan lensa telefoto pada setiap proses produksi atau dokumentasi trip merupakan hal yang semi-wajib.
  2. Memiliki stabilizer atau gimbal untuk mempercatik hasil footage.
  3. Memiliki kamera cage (camera guard) untuk menahan kamera dari benturan yang mungkin dapat terjadi pada proses perjalanan.
  4. Pengambilan footage yang cukup untuk menambah variasi dalam proses editing.

Leave a Reply