fbpx

Saat Berkendara Jetski, Wajib Ketahui Hal-Hal Ini

Meskipun tergolong sebagai kendaraan ekstrem, mengendarai Personal Watercraft (PWC) atau jetski tidaklah begitu sulit. Pemula pun dapat mengendarai jetski setelah mendapat intruksi dari Road Captain dan berlatih selama 5-10 menit saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan jet ski, terutama saat berkendara dengan rombongan. Apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan saat berkendara menggunakan jetski?

1. Menggunakan life jacket atau Personal Floating Device (PFD)

Trippers wajib mengenakan life jacket dengan spesifikasi tertentu saat mengendarai jetski untuk alasan keselamatan. Jangan lupa juga untuk mengaitkan kunci PWC di life jacket selama berkendara, sehingga ketika Trippers terpental dari atas jetski, mesin jetski akan secara otomatis mati karena kuncinya terlepas.

2. Menjaga jarak

Sebagai kendaraan ekstrem yang memiliki mesin berkecepatan tinggi, Trippers wajib untuk menjaga jarak minimal 30 meter dari pengendara lainnya.

3. Menjaga tanggung jawab dan keselataman bersama

Patuhi peraturan, hargai pengendara lain dan jaga kelestarian alam juga lingkungan sekitar.

4. Dilarang mendahului

Ini adalah peraturan paling mendasar ketika berkendara di laut, yaitu: Dilarang keras mendahului pemandu jalan (Road Captain). Sebagai orang yang awam dengan medan air dan lautan, penting bagi Trippers untuk mengikuti arahan Road Captain untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti salah jalur, terkena karang, atau masuk ke daerah yang tidak dianjurkan untuk dilewati (daerah pesisir pantai di mana banyak orang berenang, daerah militer, dan sebagainya).

Road Captain Jetski Safari Seadoo

5. Jangan memaksakan mesin ketika bermasalah

Ketika mesin mengeluarkan bising yang asing dan terasa berat saat dikendarai, lebih baik berhenti. Matikan mesin dan berikan tanda pada pemandu.

6. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau narkoba adalah pelanggaran.

7. Berkendara dengan perlahan

Turunkan kecepatan di 8-10km/jam saat berada 100 meter dekat pantai, perahu, pelabuhan atau pengendara lain.

8. Gunakan jalur yang benar

Ketika berhadapan (head to head) dengan perahu atau PWC lainnya, pastikan jalur yang dipilih aman dan benar.

9. Pastikan penglihatan terlihat

Pastikan penglihatan jarak jauh dan dekat terlihat dengan jelas dan gunakan alat bantu penglihatan jika dibutuhkan.

10. Menjaga barang pribadi

Untuk memastikan keamanan dompet, ponsel, pakaian cadangan atau barang penting lainnya lebih baik gunakan dry bag dan simpan di dalam tempat penyimpanan PWC selama berkendara.

Kode Hand Touring Jetski

11. Gunakan hand signs untuk berkomunikasi dengan pengendara lainnya

Yang terakhir, untuk memudahkan dalam berkomunikasi dengan pengendara lain selama di laut, Trippers wajib menggunakan 8 (delapan) hand signs yang sudah diajarkan oleh Road Captain saat briefing.

Leave a Reply