fbpx

Pakai Ini Kalau Tidak Mau Meringis Saat Adventure

Sinar matahari merupakan hal penting namun sering dilupakan dalam menjaga imunitas dan memelihara daya tahan tubuh. Dengan gaya hidup masyarakat perkotaan yang membuat Tripper lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan dan minim bergerak, berpetualang di luar ruangan sambil bermandikan cahaya matahari menjadi alternatif refreshing yang menyehatkan sekaligus stress-reliever.

Namun yang harus diperhatikan, sinar matahari selain menyehatkan dan banyak manfaatnya untuk tubuh, namun juga dapat membahayakan. Alih-alih menikmati petualangan dengan perasaan ceria, jika tidak hati-hati, Tripper bisa meringis kesakitan menahan perih akibat kulit terbakar paparan matahari karena lupa menggunakan sunblock.

Lotion Anti Sinar Matahari

Begitu pentingkah sunblock? Simak penjelasan di bawah ini!

Sunblock adalah salah satu barang yang perlu Tripper siapkan saat sedang ber-adventure di luar ruangan. Karena kulit merupakan salah satu bagian sensitif, yang perlu dilindungi dari paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit, akan berdampak langsung seperti kulit terbakar, kanker kulit, hingga penuaan dini. Hal ini terjadi karena kandungan sinar matahari seperti UV A maupun UV B yang sangat buruk bagi kulit kita. Dan sunblock dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV A dan UV B yang berbahaya bagi kulit.

Lalu apa perbedaan Sunblock dan Sunscreen?

Sebagian dari Tripper mungkin masih bingung membedakan antara sunblock dan sunscreen untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Jika sunblock digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B matahari, sunscreen adalah lotion yang digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV B yang bekerja langsung menyerap ke dalam kulit agar kulit tidak begitu langsung terkena efek radiasi dari sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari.

Verywell / Alexandra Gordon

Perbedaan lain antara sunblock dan sunscreen terletak pada sistem kerjanya dimana sunscreen akan bekerja setelah 20 menit pengaplikasian pada kulit, sebelum mulai beraktifitas di luar ruangan dan di bawah paparan sinar matahari. Biasanya pada pengaplikasian sunscreen pada kulit, akan terlihat transparan karena memiliki tekstur yang lebih tipis. Sementara sunblock akan langsung bekerja setelah pengaplikasian pada kulit dan biasanya akan terlihat dan kasat oleh pandangan mata.

Perbedaan lain antara sunblock dan sunscreen yaitu kandungan di dalamnya. Biasanya, sunscreen memiliki kandungan seperti oxybenzone dan avobenzone yang aktif menyerap sinar matahari. Sementara sunblock, pada umunya memiliki kandungan titanium oksida yang berfungsi memblokade efek dari radiasi ultraviolet kedalam kulit. Untuk hasil yang maksimal, Tripper perlu mengaplikasikan ulang sunblock atau sunscreen setiap 2 – 3 jam sekali.

Jadi, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunblock atau sunscreen pada kulit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan rencanakan adventure kalian dengan Tripwe!

Leave a Reply