fbpx

Kolaborasi Tripwe dan OUTFEST Dalam Membangun Ekosistem Wisata Terpadu

Bertempat di kantor Tripwe Indonesia yang terletak di Pondok Indah, Jakarta Selatan, acara ini diikuti oleh sekitar 70 peserta. Peserta kegiatan silaturahmi ini terdiri dari 40 asosiasi dan komunitas pelaku kegiatan pariwisata di berbagai bidang dan segmen wisata, rekan-rekan media, serta turut mengundang Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf, Kadisparekraf DKI Jakarta, dan Kasudin Kepulauan Seribu.

Tahun ini menjadi tahun yang dinantikan oleh seluruh pelaku yang berada dalam ekosistem wisata petualang, baik pegiat dan pelaku wisata petualang, maupun industri terkait. Setelah absen mengadakan kegiatan secara langsung selama 2 tahun terakhir akibat pandemi, OUTFEST 2022 kembali lagi dengan konsep offline atau tatap muka di tanggal 4-7 Agustus 2022.

Tripwe sebagai adventure marketplace yang memiliki misi untuk mengembangkan Direktori Pariwisata Petualangan Nasional berbasis digital, melihat banyak kesamaan visi dengan OUTFEST dalam tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan beragam wisata petualangan yang ada di Indonesia, serta menyediakan wadah bertemu untuk semakin membuka jalan untuk terciptanya kolaborasi dengan berbagai pihak.

Silaturahmi Pengusaha Wisata Indonesia

Sofian Lusa, CEO Tripwe Indonesia mengatakan pentingnya kolaborasi dalam menciptakan ekosistem pariwisata yang terpadu menjadi alasan kuat diselenggarakannya acara ini.

“Komitmen Tripwe dalam mengembangkan produk dan layanannya untuk memajukan pariwisata Indonesia khususnya di bidang adventure, tentu akan sia-sia tanpa dukungan dan kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama pemerintah, asosiasi, dan peran media,” tutur Sofian.

Anggara, ketua acara OUTFEST 2022 menyadari bahwa kegiatan OUTFEST tidak cukup jika hanya dilakukan dalam kurun waktu sekali setahun saja.

“Perlu ada pihak-pihak yang menginisiasi dan memfasilitasi kegiatan berkumpul antar pelaku wisata petualangan seperti acara silaturahmi ini, untuk mempercepat munculnya ide baru dan melahirkan kolaborasi. OUTFEST dan Tripwe akan menyelenggarakan beberapa kegiatan bulanan rutin untuk mencapai tujuan bersama,” terang Anggara.

Komunitas Pariwisata Petualangan

Sejalan dengan misi kegiatan untuk membentuk ekosistem wisata petualangan yang terpadu, Rahman dari Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) turut menyampaikan antusiasmenya, “Momentum ini harus kita manfaatkan untuk melihat apa yang bisa dikolaborasikan bersama antar asosiasi, komunitas, media dan pihak-pihak lainnya. Mudah-mudahan seluruh pentahelix dapat bersinergi untuk membangkitkan kembali industri pariwisata. Yang terpenting, kegiatan bermanfaat seperti ini harus terus diadakan secara rutin.”

Leave a Reply