fbpx

5 Rekomendasi yang Wajib Dicoba Saat Berlibur ke Belitung

Tripper pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan baharinya, yaitu Belitung. Pulau Belitung masuk dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan menyimpan banyak destinasi wisata di dalamnya. Melalui film Laskar Pelangi, keindahan Pulau Belitung mulai terekspos dan dikenal banyak orang, bahkan sempat diklaim sebagai “The New Balidengan harapan, Belitung dapat menjadi pilihan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Organisasi Pendidikan, Imu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa atau UNESCO pun telah menetapkan wilayah Belitung sebagai salah satu dari UNESCO Global Geopark. UNESCO menetapkan Belitung sebagai Global Geopark karena tidak hanya memiliki warisan geologi yang tinggi, tetapi juga keragaman biologis serta kebudayaannya. Menurut hasil sidang resmi UNESCO Global Geopark (UGG), dinyatakan bahwa Geopark Belitung memiliki 17 geosite yang lulus sebagai kategori dari UNESCO Global Geopark.

Berikut adalah rekomendasi lokasi dan kegaiatn yang perlu Tripper coba, ketika berada di Belitung:

Tanjung Tinggi Beach, Belitung
Pantai Tanjung Tinggi 📸 @om_funkey

1. Berwisata di Pantai Tanjung Tinggi

Jika Tripper pernah menonton film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi karena pemandangannya yang dapat memanjakan mata. Terletak di sebelah utara Pulau Belitung atau sekitar 37 km dari kota Tanjung Pandan, Pantai Tanjung Tinggi memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih, juga terdapat batuan granit besar yang sangat apik untuk berfoto.

Pulau Batu Berlayar
📸 Jetski Safari Belitung

2. Mengunjungi Pulau Leebong

Sudah jauh-jauh mengunjungi Pulau Belitung, kurang afdol untuk Tripper jika belum menikmati adventure di laut dengan mengendarai personal watercraft (PWC). Bersama Jet Ski Safari Belitung, Trippers bisa mengunjungi Pulau Leebong dengan durasi trip selama setengah hari. Namun, kalau masih belum puas, Tripper juga bisa loh mengambil paket menginap. Tentu saja dengan harga yang berbeda!

Start dari Pantai Tanjung Kelayang, Trippers akan diajak berkunjung ke beberapa titik yang sangat indah di hamparan laut Kepulauan Belitung, yaitu di Pulau Pasir Putih Kepayang – Pulau Batu Berlayar, Pulau Burung, Pulau Leebong, Hutan Mangrove, Pulau Lengkuas dan kembali lagi ke Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Leebong menawarkan hamparan pasir putih dengan deretan pohon pohon yang hijau, air laut yang biru dan jernih, serta hutan bakau yang sangat rimbun di sekelilingnya. Jembatan kayu panjang yang terdapat ditengah laut serta hutan bakau, merupakan salah satu spot terbaik di pulau ini. Tripper bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, bermain jetski, diving, hingga bersepeda menikmati indahnya pulau Leebong.

Museum Tanjung Pandan Belitung
Museum Tanjung Pandan – 📸 Mongo Trip

3. Berwisata di Tanjung Pandan

Selain keindahan baharinya, Pulau Belitung juga menyimpan peninggalan sejarah dari zaman Belanda yang hingga saat ini masih terawat dan terjaga. Benda-benda yang terdapat dalam Museum Tanjung Pandan juga merupakan benda benda kesenian dan budaya dari masyarakat Belitung sendiri.

Mie Belitung Atep
Mi Belitung – 📸 Endeus

4. Mencicipi Mie Khas Belitung

Kuliner yang wajib Tripper coba saat mengunjungi Pulau Belitung adalah mie belitung yang terdapat di salah satu rumah makan terkenal yaitu di Tanjung Pandang, Mie Belitung Atep. Kuliner khas ini merupakan perpaduan antara mie kuning dan telur yang disiram dengan kuah kaldu udang yang kental dan gurih serta sedikit asam dengan ditambahkan irisan tahu, tauge, kentang, timun dan juga udang dan disajikan di piring beralasakan daun simpor.

Nasi Bedulang Belitung
Nasi Bedulang – 📸 KitaINA

5. Mencicipi Nasi Bedulang Tradisi Belitung

Tripper yang kurang menyukai olahan mie dapat mencoba kuliner khas lain yaitu nasi bedulang. Kuliner khas ini disajikan di sebuah tampah dan ditutup oleh tutup saji. Di balik tutup saji tersebut terdapat bermacam lauk pauk dengan nasi berkuah di dalamnya. Lauk yang disajikan pun bermacam-macam seperti gangan ikan, oseng-oseng, sate ikan, sambal serai, daun singkong dan masih banyak lauk lainnya. Makan bedulang dengan bermacam macam lauk ini merupakan salah satu tradisi Belitung yang masih dilakukan hingga sekarang. Tripper bisa mencicipi nasi bedulang ini di Rumah Makan Belitong Timpo Dulu dengan suasana vintage dan interior yang masih sangat kuno dan unik.

Leave a Reply