fbpx

5 Langkah Mudah Membuat Itinerary Perjalanan

Sebelum berpergian atau berwisata, Trippers merupakan orang yang merencanakannya secara matang atau yang mendadak, nih? Khusus bagi Trippers yang perencana, menyusun itinerary merupakan hal yang tidak kalah menyenangkan dari perjalanan wisata. Seperti apa sih itinerary itu, dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak tips dari Tripwe!

Itinerary adalah rencana perjalanan liburan yang dibuat secara detail meliputi tujuan destinasi, jadwal kegiatan, sampai estimasi biaya yang diperlukan. Tujuan membuat itinerary adalah supaya perjalanan wisata terlaksana dengan lancar, minim hambatan dan pengeluaran tidak terduga, sehingga perjalanan Trippers akan lebih maksimal!

Cara membuat itinerary perjalanan:

1. Tentukan tujuan wisata, destinasi dan waktu berkunjung

Hal pertama yang harus Trippers lakukan tentu saja adalah memilih tujuan wisata, destinasi apa saja yang akan dikunjungi, aktivitas apa saja yang akan dilakukan di kota atau negara tujuan tersebut. Pastikan Trippers riset secara detil mengenai medan perjalanan, jam buka-tutup dan jarak antar lokasi. Tentukan juga waktu berkunjungnya, apakah di momen libur sekolah, libur akhir tahun, atau mau mengambil cuti di hari kejepit?

Dari pilihan destinasi wisata, aktivitas dan waktu berkunjung dapat berdampak pada persiapan sebelum berangkat, seperti jenis pakaian yang akan dibawa atau obat-obatan yang disiapkan.

2. Pilih transportasi dan akomodasi

Transportasi dan akomodasi menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. Mulai dari pilihan transportasi untuk berangkat, pulang, dan selama perjalanan antar destinasi wisata. Faktor kenyamanan dan keamanan menjadi pertimbangan penting dalam memilih sarana transportasi.

Untuk penginapan, bisa dipilih dari lokasi yang strategis dan dekat dengan pilihan destinasi yang Trippers akan kunjungi. Selain dari lokasi, fasilitas yang lengkap dan pilihan view yang bisa dinikmati dari penginapan juga penting untuk dipertimbangkan lho, Trippers.

3. Membuat jadwal perjalanan

Setelah Trippers menentukan hal-hal di atas dan memesan kegiatan adventure melalui aplikasi Tripwe (link download), saatnya untuk membuat jadwal perjalanan secara rapi dan rinci. Pastikan untuk tidak melewatkan detil-detil kecil seperti makanan apa saja yang akan dicoba di tempat tujuan wisata, oleh-oleh yang akan dibeli, sampai spot foto yang akan diabadikan sebagai kenang-kenangan perjalanan.

Jangan lupa untuk memberi waktu ekstra di setiap destinasi untuk antisipasi jika ada hal yang tak terduga yang terjadi di lokasi.

4. Membuat rencana cadangan

Meskipun Trippers sudah membuat rencana sedemikian rupa, tapi persiapkan juga rencana cadangan ya. Ingat ya, “If plan A doesn’t work, the alphabet has 25 more letters”. Terutama untuk kegiatan outdoor, cuaca dan kondisi alam merupakan tantangan terbesar Trippers.

Dalam itinerary, Trippers bisa menuliskan beberapa destinasi atau aktivitas wisata cadangan jika rencana A tidak dapat dikunjungi karena berbagai faktor. Dengan adanya rencana cadangan, Trippers bisa langsung bergerak cepat untuk mengambil opsi lain dan berimprovisasi saat di lokasi tujuan wisata.

5. Menghitung biaya yang diperlukan sesuai budget

Yang terakhir dan paling krusial adalah menghitung biaya perjalanan untuk menentukan budget minimal yang diperlukan dalam itinerary tersebut. Meskipun ada kemungkinan untuk mengeluarkan budget lebih besar daripada rencana, namun dengan adanya itinerary, Trippers dapat memperkirakan dari awal berapa spare budget yang akan disiapkan untuk perjalanan ini. Biasanya hal ini dapat ditulis di bagian dana darurat untuk alokasi pengeluaran tidak terduga.

Bagaimana Trippers, kelima langkah menyusun itinerary ini mudah, bukan? Yuk langsung ajak teman kamu untuk menyusun itinerary liburan kamu selanjutnya!

Leave a Reply